Kantor Ku… Surga atau Neraka

Standard
Alt="Ruangan Kantor"

Ruangan Kantor

Di dalam sebuah kantor seorang karyawan yang bisa merasa nyaman dan rileks (tidak tegang) saat bekerja terbukti menjadi lebih produktif daripada pekerja yang berkarya di bawah tekanan. Hanya suasana hommy saja yang bisa membuat para karyawannya betah dalam pekerjaannya. Dan, salah satu cara untuk menciptakan suasana hommy tersebut adalah dengan menjadi rekan yang bersahabat.

Bila posisi kamu saat ini adalah sebagai atasan, maka tanyakan pada diri sendiri apakah selama ini  sudah menjadi atasan yang bersahabat? Ataukah justru para karyawan menganggap kamu sebagai bos yang killer? Pernahkah kamu menyapa lebih dulu para karyawan kamu, atau apakah  selalu menunggu mereka menyapa lebih dulu? Pernahkah kamu datang pada acara pesta kantor dan berbaur dengan para karyawan yang ada? Makan semeja dan semenu dengan mereka?! Bergurau dengan mereka?!

Ada banyak atasan enggan berbaur dan ‘merendah’ karena mereka takut diremehkan oleh anak buah. Padahal semua itu hanya tergantung dari bagaimana pembawaan diri. kamu tetap bisa menjadi atasan yang bersahabat namun tetap disegani. Malahan, bukankah seringkali dengan menjadi atasan yang bersahabat, para karyawan akan lebih menghormati, menyayangi, dan mendukung kamu?

Kuncinya hanyalah, hormati mereka seperti kamu ingin dihormati, dan perlakukan mereka sama seperti kamu ingin diperlakukan. Sebab, pada dasarnya mereka itu sama berharganya dengan kamu, hanya status saja yang berbeda.

Lalu, bagaimana bila Anda hanyalah seorang karyawan biasa yang bekerja dalam lingkungan kantor ‘neraka’ akibat bos yang killer?! Jangan khawatir, selalu ada cara untuk menciptakan surga, bahkan di tengah neraka sekalipun. Jika atasan Anda bukan tipe orang yang bersahabat, maka Anda bisa menjadi teladan tersembunyi baginya melalui sikap-sikap Anda.

Bersikaplah ramah dan tulus, baik dalam menghadapi atasan atau rekan lainnya. Tunjukkan bahwa jati diri kamu yang supel tidak terpengaruh dalam suasana menegangkan yang ada. Sebab bisa jadi karena bos killer, maka semua anak buahnya otomatis terbentuk tegang, dan berakhir seperti ‘robot’. Jika itu terjadi, maka kamu bisa menjadi pencair suasananya.

Sapalah bos dan rekan lain di kantor dengan ramah dan riang! Tawarkan makan siang bersama. Lemparkan sedikit joke saat berdiskusi! Lakukan apa yang perlu dilakukan untuk mencairkan suasana tegang yang ada sesuai dengan gaya dan kepribadian kamu.

Mungkin pada awalnya, kamu akan dicemooh dan dianggap yang bukan-bukan (penjilat, pencari muka, dan sebagainya) pada saat kamu melakukan ini, namun tetaplah maju dalam ketulusan yang ada, sebab pada akhirnya perjuangan di Kantor kamu tidak akan sia-sia. Pasti ada hasilnya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s